Sleep Training: Cara Melatih Pola Tidur Bayi

Sleep Training: Cara Melatih Pola Tidur Bayi

February 24, 2021

Sleep training akan membantu bayi anda belajar bagaimana untuk tertidur secara mandiri. Kedengarannya sederhana, bukan? Namun, banyak orang tua yang masih bertanya-tanya kapan waktu terbaik untuk memulai, atau bahkan berpikir apakah metode mereka benar atau tidak.
Kami telah mengumpulkan semua fakta pelatihan tidur dari para profesional dan orang tua yang berpengalaman, let’s get into it!

 

Cara Melatih Pola Tidur Bayi

Apa itu pelatihan tidur?

Teorinya sederhana: Anak-anak akan lebih mudah tertidur jika mereka dibimbing melalui serangkaian ritual sebelum tidur yang menyenangkan, dapat diprediksi, dan menenangkan. Meskipun bayi menghabiskan banyak waktu untuk tidur, mereka perlu belajar kapan harus tidur dan bagaimana cara tidur. Tidak ada cara yang tepat untuk membuat anak tidur sepanjang malam - ada banyak cara berbeda.

Kapan waktu terbaik untuk memulai sleep training?

Kapan waktu terbaik untuk memulai sleep training?

Jawabannya berbeda untuk setiap bayi dan juga orang tua karena pelatihan tidur membutuhkan komitmen yang kuat dari ibu dan ayah. Setelah anda memutuskan bahwa anda sudah siap, anda perlu mengetahui apakah bayi anda juga siap. Adalah ide yang bagus untuk mendapatkan izin dari dokter anak untuk menyingkirkan faktor medis lain yang mungkin berperan dalam tidur anak anda.
Usia dan Tahapan Sleep Training

Usia dan Tahapan Sleep Training

0-6 minggu: Sleep Surviving
Bayi baru lahir tidak dapat membedakan antara siang dan malam karena mereka tidak menghasilkan cukup hormon melatonin. Orang tua harus menunda pelatihan tidur dalam periode ini.

2-3 bulan: Sleep Learning
Pada saat ini, bayi sedang membentuk siklus tidur malam hari. Namun, kebanyakan dari mereka belum siap secara perkembangan untuk menenangkan diri. Mulailah dari sesuatu yang kecil seperti memasukkan rutinitas sebelum tidur (memberi makan, mandi, pijat, mendongeng, dll).

4-6 bulan: Sleep Training
Sekarang anda dapat memperkenalkan sleep training formal. Sebagian besar ahli merekomendasikan sleep training di umur ini ketika bayi bisa bertahan 6 hingga 8 jam tanpa makan semalaman.

 

Apa Saja Metode Sleep Training?

Apa Saja Metode Sleep Training?

Cry It Out
Tidak diragukan lagi ini adalah metode pelatihan tidur yang paling kontroversial. Beberapa ahli menyarankan untuk meninggalkan bayi sendirian hingga pagi hari. Meskipun beberapa hari pertama bisa jadi berat, orang tua perlu bertekad penuh.

Ferber
Setelah menyelesaikan rutinitas sebelum tidur, taruh bayi di boksnya, dan tinggalkan kamar. Orang tua dapat terus memeriksa bayi sepanjang malam tetapi tidak boleh memberi makan atau mengayunkan mereka untuk tidur.

Bedtime Routine Fading
Lanjutkan dengan metode apa pun yang anda gunakan untuk membantu bayi tertidur, seperti mengayun atau menyusui, tetapi kurangi jumlah waktu yang anda habiskan untuk melakukannya sampai anda tidak perlu melakukannya sama sekali.

Chair
Setelah mempersiapkan bayi untuk tidur, jangan tinggalkan ruangan dulu, tetapi duduklah di kursi di samping boks tidur bayi. Ketika mereka tertidur, tinggalkan kamar, tetapi setiap kali mereka bangun, duduklah kembali di kursi sampai mereka tertidur kembali. Setiap beberapa malam, pindahkan kursi semakin jauh hingga anda keluar dari kamar.

Pick Up/Put Down
Para orang tua tetap di kamar, berdiri di dekat boks bayi dan menenangkan bayi, menepuk lembut, atau memberikan tekanan untuk menenangkan dan menemani mereka sampai mereka tertidur. Metode ini dapat bekerja dengan baik untuk bayi di bawah tujuh bulan.

 

Kasur Mimpi adalah Pilihan Terbaik untuk Anak-anak Anda!

Kasur Mimpi adalah Pilihan Terbaik untuk Anak-anak Anda!

 Lingkungan alami yang bebas dari bahan kimia berbahaya akan menjadi awal yang sehat untuk bayi karena mereka menghabiskan banyak waktunya yang berharga di tempat tidur! Apakah anda tahu bahwa Mimpi adalah kasur latex terbaik di Indonesia? Bukan hanya antialergen dan tahan dari tungau, kasur kami juga memiliki sirkulasi udara yang baik. Bayi anda tidak akan merasa kepanasan saat tidur, menjadikan kasur kami sempurna untuk negara tropis seperti Indonesia.

Kasur Mimpi terbuat dari latex alami premium dan busa premium seperti busa memori responsif, busa berketahanan tinggi adaptif, dan busa penyangga tahan lama. Setiap lapisan memiliki fungsi pentingnya tersendiri yang memberikan kenyamanan dan dukungan yang dibutuhkan tubuh anda.

Hubungi tim customer service kami sekarang! Kami dengan senang hati dapat membuat kasur custom yang dapat di sesuaikan dengan ukuran box bayi atau ranjang bayi anda.


0
Comments

Leave A Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

mimpisleep

Kasur Mewah dengan Harga Terjangkau