Cara Membasmi Kutu Kasur di Rumah, Langkah Ampuh Atasi Gatal saat Tidur

Cara Membasmi Kutu Kasur di Rumah, Langkah Ampuh Atasi Gatal saat Tidur

May 27, 2024

Kutu kasur adalah serangga kecil yang sangat menyebalkan. Selain membuat kasur jadi kotor, kutu kasur juga merupakan masalah utama yang bisa disalahkan ketika orang mengalami gatal-gatal saat tidur.

Hal itu karena kutu kasur atau tungau biasanya bersarang di tempat tidur dan akan hinggap di kulit orang yang menempel pada kasur. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara membasmi kutu kasur di rumah.

Membasmi kutu kasur bukanlah hal yang sulit dilakukan. Artikel ini membahas tentang cara membasmi kutu kasur yang ampuh dilakukan untuk menghindari gatal-gatal saat tidur. Simak ulasannya sebagai berikut.

1. Menggunakan Vacuum Cleaner

Cara membasmi kutu kasur yang pertama adalah dengan menggunakan vacuum cleaner. Serangga kecil yang sangat gatal ini sering sekali berada di benda-benda yang kotor, lembap, dan jarang dibersihkan. Selain itu, membersihkan serangga ini juga bukan pekerjaan yang mudah.

Mereka biasanya akan bersembunyi di sudut dan lipatan-lipatan. Maka dari itu sulit sekali untuk dibersihkan menggunakan sapu biasa. Gunakanlah vacuum cleaner untuk membersihkan kasur untuk mendapatkan kebersihan yang maksimal.

2. Mencuci Bed Cover dengan Baik dan Benar

Selanjutnya, cara membasmi kutu kasur yang sangat efektif adalah dengan mencuci bed cover dengan baik dan benar. Gantilah bed cover minimal satu kali dalam seminggu. Hal ini dilakukan dalam rangka untuk mengatasi kutu kasur atau tungau yang bisa hinggap sewaktu-waktu.

Cara terbaik untuk mencuci bed cover adalah dengan menggunakan air panas atau hangat. Hal itu karena air panas yang dipakai mencuci bisa sekaligus membunuh kutu kasur yang sudah bersarang di bed cover. 

3. Menjemur Kasur di Bawah Sinar Matahari

Cara membasmi kutu kasur yang ampuh selanjutnya adalah dengan menjemur kasur langsung di bawah sinar matahari. SInar matahari yang panas akan mengusir kutu atau tungau secara langsung dan dapat menghindarkan kasur dari gatalnya gigitan kutu.

Hal itu karena kutu sangat tidak tahan dengan suhu panas yang tinggi. Maka dari itu, jangan pernah lupa untuk menjemur kasur di bawah sinar matahari jika ingin membasmi kutu kasur atau tungau.

4. Menggunakan Kapur Barus atau Silica Gell

Cara ini biasanya digunakan untuk membasmi kutu di dalam lemari. Namun, jika kamu ingin membasmi kutu di kasur, kamu juga bisa menggunakan cara ini. Manfaatkan kapur barus dan silica gell di kasur. Letakkan di sudut-sudut yang biasanya menjadi sarang kutu.

Aroma dari kapur barus akan membuat kutu kasur menjadi tidak nyaman. Selain itu, kutu kasur akan menempel ke silica gell sehingga kamu bisa membersihkannya dengan mudah. Meski demikian, kamu tetap harus membersihkannya secara menyeluruh untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

5. Mencampurkan Kapur Barus dan Minyak Tanah

Selanjutnya, cara praktis yang juga bisa kamu coba untuk membasmi kutu kasur adalah dengan mencampurkan kapur barus dengan minyak tanah. Setelah keduanya bercampur, maka kamu bisa langsung menyemprotkan cairan tersebut ke kasur yang menjadi sarang kutu.

Bau yang menyengat dari kapur barus dan zat yang mematikan dari minyak tanah tidak hanya membuat kutu kasur tidak bersarang, namun telur kutu juga akan akan terbunuh dan membuat kasur kamu menjadi bersih dari gangguan serangga.

6. Menggunakan Insektisida

Cara membasmi kutu kasur atau tungau yang ampuh selanjutnya adalah dengan menggunakan insektisida. Insektisida adalah bahan kimia yang digunakan untuk mematikan segala jenis serangga yang mengganggu. 

Insektisida adalah jenis pestisida yang mudah ditemukan. Cairan ini juga sudah terbukti bisa mengatasi kutu yang bersarang pada kasur sehingga menyebabkan gatal-gatal pada kulit. Maka dari itu, jika kamu ingin cara yang praktis, gunakanlah insektisida.

7. Menyemprotkan Cuka

Cuka memiliki berbagai zat yang bisa menyebabkan kutu menjadi tidak nyaman. Maka dari itu, kamu juga bisa menggunakan cuka sebagai salah satu cara membasmi kutu kasur. Caranya juga sangat mudah. Kamu hanya perlu memasukkan cuka ke dalam semprotan.

Setelah itu, semprotkan cuka ke semua bagian kasur yang menjadi sarang kasur sekaligus berpotensi menjadi sarang di kemudian hari. Cuka yang kamu gunakan tidak perlu dicampur dengan air agar bisa bekerja dengan hasil yang maksimal.

8. Memasang Double Tape

Selanjutnya, cara membasmi kutu kasur yang ampuh adalah dengan memasang double tape. Cara ini dilakukan agar kutu tidak dapat merayap ke kasur. Kutu yang ingin memanjat naik akan terjebak di double tape yang kamu pasang.

Ketika kutu sudah terjebak dengan double tape yang sudah kamu pasang, maka ini akan mempermudah kamu dalam membasminya. Buang satu persatu kutu yang sudah terperangkap dan pastikan jika kutu tersebut sudah dalam keadaan mati.

9. Menggunakan Minyak Esensial

Terakhir, cara membasmi kutu kasur yang efektif adalah dengan menggunakan minyak esensial. Minyak tersebut sejak lama dipercaya untuk membasmi kutu. Minyak esensial seperti lavender akan membuat kutu kasur tidak nyaman dan bahkan mati.

Selain lavender, minyak esensial yang bisa kamu gunakan untuk mengusir kutu kasur adalah tea tree oil, peppermint, serai, cengkeh, dan daun thyme.

Demikian adalah cara membasmi kutu kasur yang efektif. Kutu kasur biasanya hanya bersarang di kasur yang lembap dan kotor. Maka dari itu, sebetulnya kamu bisa mencegah adanya kutu atau tungau pada kasur kamu, yaitu dengan menggantinya dengan kasur latex.

Bahan latex yang digunakan pada kasur, dapat membuat kutu dan tungau kasur tidak bisa bersarang dan berkembang biak di sana. Selain itu, kasur latex juga bisa membuat tidur kamu menjadi nyaman dan menyelamatkan segala bentuk masalah pada punggung kamu.


0
Comments

Leave A Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!